Peralatan Penting Meeting dengan Harga Miring

Sejak penerapan kerja remote, meeting virtual jadi hal yang penting karena membahas hal-hal yang tidak bisa diselesaikan dengan teks. Tapi dalam meeting virtual tidak jarang kita menemui kendala, seperti suara yang terdengar kecil, ada noise yang mengganggu, orang yang ngomong seperti kumur-kumur, gambar videonya buram, dan banyak hal lainnya yang agak mengganggu dan bikin sebel pas lagi meeting.

Gimana sih, caranya biar kualitas audio visual kita bisa bagus pas lagi meeting virtual? Ini dia beberapa peralatan yang bisa membantu memperjelas audio visual kita tanpa bikin kantong jebol. Check it out!

Taffware BM-800

Ini adalah salah satu microphone condensor dengan harga yang tergolong sangat murah tapi bisa menghasilkan kualitas suara yang cukup baik. Karena kombinasi maut ini, Taffware BM-800 menjadi microphone condensor yang paling banyak dicari para podcaster pemula. Coba cek aja di youtube, ada banyak orang yang mereview microphone ini.

Harga: 80–100 ribu

Stand Mic Arm

Tentunya ini ga berkontribusi terhadap kualitas suara tapi biar peletakan microphone ga ngeganggu, coba deh pake stand mic arm agar posisi microphone bisa lebih fleksibel dan nyaman. Stand mic arm ini sebenarnya ada beragam pilihannya, tapi yang banyak di jual di toko online seperti Tokopedia atau Shopee umumnya sudah cukup bagus dengan harga yang sangat terjangkau.

Harga: 45–50 ribu

Taffstudio V8S / V8U

Ini adalah “soulmate” nya Taffware BM-800. Tanpa ini, microphone Taffware BM-800 akan terdengar biasa aja. Taffstudio V8S / V8U membuat kreasi suara menjadi lebih enak didengar dan seru karena dilengkapi dengan efek suara yang menarik dan lucu.

Harga: 110–150 ribu

Phantom Power 48V

Phantom Power ini memberikan tenaga lebih besar buat microphone condensor kita. Kalo budget agak tipis, maka cukup beli Phantom Power 48V ini buat tandeman sama Taffware BM-800 agar bisa dapat suara yang jelas dan solid seperti orang lagi siaran radio.

dbE DJ 200

Selain kita bisa menghasilkan suara yang oke, tentunya kita juga perlu bisa menerima audio dengan baik juga dong. Nah, headphone dbE DJ 200 ini adalah salah satu alternatif headphone buatan lokal dengan kualitas yang ga kalah dengan buat luar dan harganya juga cukup terjangkau. Headphone ini disarankan untuk dipake bareng dengan Taffstudio V8S / V8U karena headphone ini memang cocok digunakan untuk sound monitor. Kalo kita ga pake Taffstudio V8S / V8U dan colokan di laptop cuma ada satu untuk microphone dan speaker, maka kita harus beli audio splitter untuk gabungin microphone dan headphone dalam satu colokan.

Harga: 390 ribu

Xiaomi Xiaovv

Buat yang punya laptop yang kualitas kameranya menyedihkan, coba deh pake webcam dari Xiaomi ini. Walaupun harganya murah tapi udah support kualitas video hingga 1080p. Ini akan bikin muka kita keliatan lebih cerah dan gambar kita keliatan lebih jelas di dalam meeting virtual.

Harga: 165–200 ribu

Itulah beberapa peralatan yang bisa membantu kita meningkatkan kualitas audio visual dalam meeting virtual dengan harga yang terjangkau. Kalo ada rekomendasi peralatan bagus buat audio visual dengan harga terjangkau, silahkan ditulis di kolom komentar ya.

Originally published at https://www.novanadrian.com on December 17, 2021.

One thought on “Peralatan Penting Meeting dengan Harga Miring”

Leave a Reply

Your email address will not be published.